Diet Islami : Jurus Ampuh Menaklukkan Obesitas

 
Judul Buku : Diet Islami
Penulis : Yuga Pramita
Penerbit : Pro-U Media
Terbit : 2014
Tebal : 192 halaman
ISBN : 978-602-7820-20-3
Genre : Nonfiksi/kesehatan
Rating : 3,5/5
Dapat dibeli di parcelbuku.net

Kegemukan membuat tubuh menjadi mudah sakit karena memicu perubahan dalam tubuh. Kegemukan berawal dari pola hidup yang tidak teratur sehingga asupan makanan yang dicerna berlebihan dan tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh. Banyak pakar kesehatan menawaran jurus maut berupa teori, buku, bahkan alat elektronik. Yuga Pramita melihat kegemukan sebagai masalah krusial yang perlu segera dipecahkan dengan pola hidup sehat yang dianjurkan Rasulullah.

Dalam islam tidak ada diet, yang ada adalah puasa dan menjaga pola makan seperti yang diajarkan Rasulullah. Ini berbeda dengan diet yang sudah kita kenal dengan istilah OCD atau diet mayo yang berasal dari para pakar kesehatan. Buku ini lebih menekankan kepada hal-hal teknis seputar mengapa diet yang dilakukan oleh orang-orang berakhir dengan kegagalan. Mengapa banyak cara telah dicoba namun kegemukan tidak bergeming juga dari  hidup kita. Yuga Pramita memaparkan hal-hal seputar faktor yang memicu kegemukan, antara lain : ketidakseimbangan hormon, faktor psikologis, perkara tidur, kecepatan makan, kebiasaan memilih pola makan, hingga kebiasaan mengonsumsi obat. Beberapa obat berpengaruh langsung terhadap IMT seseorang melalui penekanan ataupun peningkatan nafsu makan. Pola ini bisa dikendalikan dengan metode yang diajarkan Rasulullah.

Rasulullah menerapkan pola hidup sehat selama hidup sehingga hanya dua kali Rasulullah sakit. Terbukti berarti Rasulullah adalah teladan terbaik dalam menerapkan pola hidup sehat yang sesuai dengan Islam. Rasulullah menganjurkan untuk memperlambat makan sehingga kunyahan makanan dapat terserap dengan baik sehingga bercampur dengan enzim pencernaan makanan. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa tergesa-gesa adalah perilaku syaitan, maka tergesa-gesa saat menikmati makanan berarti tidak dibenarkan dalam Islam. Rasulullah menganjurkan makan perlahan dengan menggunakan tiga jari, kemudian memakan buah sebelum makan besar, juga ada aturan tidak boleh mencampur beberapa bahan makanan. Misalnya : susu tidak boleh bercampur dengan buah, ikan tidak boleh bercampur dengan daging, sehingga kita harus mulai memilah apa saja yang bisa kita usahakan agar makanan yang dimakan memiliki sifat thayib yaitu baik bagi tubuh. Selain thayib, makanan yang kita makan juga harus halal.

Aturan diet dalam Islam adalah dengan berpuasa. Saat kita berpuasa, tubuh akan beristirahat sehingga pencernaan bisa merasakan recovery sel-sel di dalam tubuh. Saat kita berpuasa Ramadhan, tubuh akan menjadi lebih sehat karena kita berpuasa selama sebulan untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Selain puasa saat ramadhan, puasa sunnah di hari lain juga bisa dilakukan. Tubuh menjadi lebih bugar dengan puasa sunnah, seperti puasa senin-kamis, puasa ayamul bidh, puasa daud, puasa asyura, maupun puasa syawal.

Penulis menyisipkan tips sukses menjalankan diet islami yaitu merombak pola pikir, mengikhlaskan niat, merutinkan doa, dan menguatkan usaha. Kita bisa terus berusaha menjaga pola makan dan hidup sehat dengan menyeimbangkan olahraga dan memilih makanan sehat. Yang lebih penting lagi, memakan makanan yang variatif, dimakan dengan teratur, dan tidak meninggalkan sarapan dapat membuat tubuh memiliki jam biologis yang teratur untuk urusan makan sehingga kita akan terhindar dari penyakit maag, tipus, dsb.

Kekurangan buku ini ada pada kalimat yang ambigu karena menggunakan kata yang diberi tanda petik. Contohnya di kalimat : “Kakak-beradik di Jerman, Patrick Stuebin dan Susan Korelewski, yang menjalin hubungan inses (sedarah), telah “berhasil” membuktikan kebenaran ayat ini.” (hlm. 10) Pada kata “berhasil” seharusnya menggunakan kata lain yang lebih bersifat tegas. Menurut saya, kekurangan ini akan menimbulkan kerancuan karena buku nonfiksi seharusnya menggunakan bahasa yang lugas, bukan bahasa yang diperhalus. Overall, buku ini membuka khasanah tentang beberapa hal seputar diet yang patut diperhatikan oleh pelaku diet. 3,5 bintang dari saya untuk buku ini.

 

Postingan ini diikutsertakan dalam 
Nonfiction Reading Challenge 2015
dan 
Islamic Reading Challenge 2015



Posted by Ila Rizky 

sumber : http://resensi.ilarizky.com/2015/07/diet-islami-jurus-ampuh-menaklukkan.html#more, akses tgl 03/07/2015.

Iklan